Friday, September 28, 2012

BCA Development Program - BDP BCA

Well, sebelum gue jalanin serangkaian prosesi test BDP, gue selalu googling tentang tahapan-tahapan test tersebut, apa isinya, dan kira-kira gimana situasi testnya. and it works! makanya, postingan kali ini gue mau nyoba untuk bagi-bagi pengalaman (siapa tau membantu :) ) pas gue jalanin serangkaian test BDP (entah batch berapa gue lupa.. -_-"). here it goes..

Seleksi administrasi 
Kenapa gw bilang seleksi? Karna semua aplikasi lamaran yang masuk emang bener-bener diseleksi, entah oleh mesin (kalo apply online) atau oleh kurir (kalo kirim langsung ke BCA nya).

Tips : Bukan hanya untuk BDP BCA aja sih, tepatnya untuk setiap aplikasi lamaran kerja yang kalian kirim. perhatiin bener-bener aturan pengiriman yang dikasih perusahaan tersebut. Misal : disuruh kirim via email dengan subjek tertentu, maka pake email-lah dengan subjek itu. Karena mayoritas perusahaan udah pake sistem filter email, dimana email yang ga sesuai dengan filter yang diminta akan langsung dibuang. Atau diminta kirim dengan tulis kode lowongan di pinggir amplop, maka jangan lupa tulis kodenya, kalo engga, lamaran anda akan berujung entah dimana. Jadi, yang teliti yaah :p

Psikotes
Psikotes BDP terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama dimulai dengan isi formulir yang mirip-mirip kaya CV (untuk biodata diri). Setelah itu tes psikotes baru dimulai. untuk yang tahap pertama masih ga terlalu susah lah. Isinya kaya tes psikotes biasa : anonim, sinonim, deret bangun, matematika sederhana, dan sub-sub lainnya. yang jelas kaya psikotes pada umumnya dan masih sederhana.

Selesai tahap pertama akan ada jeda untuk makan siang, nah disitu akan diumumin peserta yang lulus dan lanjut ke tahap dua. Kalo pengalaman kemaren, dari dua kelas ( @ 30-orangan ) jadi satu kelas yang isinya 30-40 orangan. Tahap dua juga sebenernya sama kaya psikotes biasa, ada puter2 balok, deret hitung, menghapal kata, trus milih pernyataan yang menggambarkan kepribadian kita. Yang bikin gempor adalah karena banyaknya ga nahan dan lebih intens dari Tahap I.

Selesai tahap II, kita belum boleh pulang karena hasilnya akan langsung diumumin. Kemaren dari 1 kelas itu yang lolos ada 24 orang untuk tahap selanjutnya, Interview Psikolog, yang akan dilaksanakan keesokan harinya.

Tips : Siapin stamina dan juga pikiran, semua harus fresh, karena testnya panjang dan bener-bener nguras tenaga. Capeeek.. hehe

Interview Psikolog
Interview ini dilaksanain pas setelah Psikotes. Ga usah terlalu tegang, karena yang ditanyain hanya seputar diri sendiri dan apa yang sudah ditulis di form pada saat psikotes. Belum ada penekanan-penekanan tertentu ke program BDP nya, paling cuma ditanya kira-kira pengennya masuk BDP apa dan kenapa aja. Yang lain masih seputar diri sendiri.

Tips : Rileks! Dan terbuka aja, apa adanya. Jujur aja untuk ngungkapin kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Oh iya, sebelum interview ini, mungkin ada baiknya kita udah harus paham tentang kelebihan dan kekurangan diri yah. Pasti akan ditanya, dan kalau bisa kasih contoh yang emang bener-bener pernah dialami tentang kelebihan dan kekurangan itu.
nb. awalnya gue pikir semua akan lolos dari tahap ini, ternyata ada juga yang ga lolos loh. Jadi jangan tegang yah, yang penting rileks dan terbuka aja :)

Dinamika Kelompok
Pengalaman gue, tahapan ini berjalan selang sebulan lebih dari Interview Psikolog. Lamaa banget rasanya nunggu. Tapi baca-baca review di internet, katanya memang BDP BCA tuh terkenal lamanya, jadi ya sabar-sabar aja nunggunya :p

Di tahap ini kita akan dikelompokin kira-kira 5-7 peserta. Di tahap ini, akan ada 2 orang yang akan nemenin kita berdiskusi. Satu orang yang akan memandu kita, satu nya lagi hanya akan mengawasi aja. Topik diskusinya general, lebih sering sosial. Kalo pengalaman kemaren, topiknya mengenai kenapa jaman sekarang tingkat kepedulian masyarakat (secara individu) semakin berkurang? dari topik itu, kita dikasih waktu kalo ga salah 15 menit untuk diskusiin solusinya. dan setelah waktu habis, kita harus tunjuk salah satu dari kita untuk presentasiin kesimpulannya didepan pemandu diskusi dan kemudian dia yang akan ditanya-tanyain oleh pemandunya berkaitan dengan kesimpulan yang udah dia kasih. Yang lain ga boleh ikutan jawab, kecuali saat ditanya oleh pemandu langsung.

Setelah sesi diskusi selesai, selanjutnya kita akan dikasih tugas selanjutnya, yaitu ngerjain puzzle secara bersama. Puzzlenya terdiri dari 25 pcs yang semuanya berbentuk persegi. Kira-kira puzzle nya kaya gini :
Keliatannya sederhana yah? tapi suer deh, begitu gambar ini dipecah-pecah dan dikerjain secara barengan dengan waktu hanya 20 menit, puzzle ini jadi sumpah-bingung-banget-riweuh-duh-engga-lagi-deh-eh-tapi-masih-penasaran hehe. Kelompok gue waktu itu udah dikasih kesempatan 2 x tapi masih tetep ga bisa selesai. Konon kata pemandu puzzle, ada kelompok yang berhasil selesaiin ini. Tapi ya itu katanya.. hehe

Seperti biasa, setelah selesai, kita semua disuruh tunggu diluar dan ga lama hasilnya keluar. Di kelompok gue yang isi nya 7 orang, yang lolos cuma 2 orang. Dari kelompok yang setelah gue, di hari yang sama, semuanya engga lolos. Alhamdu? lillaah..
Tips : 
1. Diskusi - Meskipun mirip sama diskusi2 kaya biasa, tapi ternyata penyeleksian diskusi ini sangat ketat loh. Disini kita harus bisa aktif berpendapat tapi ga over aktif juga. Sebenernya gw juga bingung apa penilaiannya dalam diskusi ini, tapi kalo dari yang bisa gw simpulin sendiri, ada beberapa poin yang bisa dicoba untuk jadi tips lolos tahap ini :
- Be active! tapi jangan over. Coba keluarin pendapat-pendapat jitu anda tapi tanpa mengintimidasi pendapat yang lain. Ketika bicara, perhatiin waktunya dan keefisienan apa yang di bicarain. Jangan supaya keliatan menonjol, trus bicaranya jadi lama dan berputar2 (ini serius penting) yang akhirnya makan waktu bicara temen-temen lainnya. Kalo emang dalam waktu singkat pendapat anda udah bisa diutarakan dengan jelas, ya stop aja, kasih kesempatan yg lain untuk bicara :)
- Coba untuk fokus dan stick to the topic. Pada saat mengutarakan topik, pemandu akan kasih contoh-contoh mengenai topik tersebut. Perhatiin bener-bener apa sih maksudnya dari topik tersebut dan sampaikan pendapat anda sesuai dengan maksud dari topik itu, jangan sampai melantur kemana-mana. Kalaupun ada temen kelompok yang mulai 'membelok' sebelum anda berpendapat, jangan sampai ikut belok, coba dilurusin lagi (tanpa harus mengkritik pernyataan temen anda) ke topik awalnya. Namanya diskusi, kadang kalo udah ada satu yang belok, yang lain jadi mudah banget kebawa arus. Jadi try to focus yah ;)
- Kasih contoh-contoh fakta ttg pendapat yang anda utarain. Misal, dengan kejadian yang terhadi akhir-akhir ini, atau sesuatu yang pernah dialamin sebelumnya, atau lain lain. Sotoynya saya sih, disitu akan keliatan kalo kita bener2 faham dengan topik yang diajukan.
- Saat sesi diskusi ini, kita akan dikasih kertas coret-coretan yang nantinya akan dikumpulin. coba buat coret2an yang bermakna. Misal : catet inti pendapat dari temen-temen sekelompok ketika mereka berpendapat trus buat kira-kira skema kesimpulan dari diskusi. Ga tau sih akan dinilai apa engga, tapi berhubung itu kertas dikumpulin, ya lumayan lah buat (siapa tau) nambah-nambah nilai :)

2. Main Puzzle- Puzzle ini menyenangkan banget sebenernya tapi kalo sekali lagi, sotoynya saya, ketikamain puzzle ini keliatan banget mana yang berorientasi hasil, berorientasi team work, ambisius, punya taktik, bahkan yang cuman kerja asal-asalan. Sotoynya saya lohhh.. :p Kalo untuk hapalin puzzle dari gambar diatas, kayanya aga susah ya. Paling ya kalau mau perhatiin aja salah satu tali dan alurnya dari satu pieces ke pieces lainnya. Tapi yang penting bukan ituuu. Ketika kerjain puzzle, menurut pengalaman saya, coba jangan hanya bernafsu untuk selesein puzzlenya, tapi juga harus orientasi ke team worknya. Misal : coba kasih usul untuk gimana cara kerjainnya supaya bisa selesai, atau coba sambil kerjain, sambil juga kasih usul untuk koordinasi cara nyambung2in yang efektif. Satu lagi, selesai waktu habis, akan ditanya : Gimana, puzzlenya susah ga? kenapa ga selesai? kira-kira kenapa alasannya ga selesai? Nah, disitu, coba kasih jawaban yang logis. Bukan hanya karena puzzle susah, bingung, tapi lebih ke apa masalah utama sehingga ga selesai, gimana team work kalian, dan pendapat2 bijak lainnya hehehe..

Interview HRD
Setelah pengumuman Tahap Dinamika Kelompok, yang lolos akan dikasih form (lagi). Kali ini formnya lebih lengkap (dan bikin gempor). Isinya tentang Biodata + pengalaman kerja + organisasi, dll, trus ada juga 3 pilihan BDP yang diminati, ekspektasi gaji, dan terakhir ada 15 pernyataan yang harus dibuat untuk menggambarkan diri anda.

Sedikit informasi, BDP itu ada 5 jenis :
1. BDP Account Officer - Ini lebih kearah marketing, ngumpul2in nasabah, baik itu individu maupun corporate, baik funding maupun lending (kayanya.. :p) yang jelas fungsi nya lebih ke arah marketing BCA itu sendiri.
2. BDP Relationship Officer - mirip sama AO, tapi bedanya, RO bertugas untuk Maintain nasabah yang udah di dapat oleh AO. Maintain disini selain untuk memelihara hubungan, juga untuk nawarin produk BCA lainnya ke nasabah tersebut.
3. BDP Credit Analyst - BDP  ini berfokus untuk analisa setiap pengajuan kredit yang masuk, misal : mengukur tingkat produktivitas nasabahnya, kesesuaian jaminannya, analisis industri dari nasabah tersebut, dan lain-lain.
4. BDP Operasional - Operasional berkaitan langsung dengan transaksi sehari-hari yang ada di bank. BDP OP ini yang akan turun langsung untuk bantu para front-liner ketika menghadapi transaksi sehari-hari. Dan menurut info dari hrd nya, selain bantu front-liner, BDP OP ini juga nantinya harus siap untuk nanganin nasabah-nasabah yang mungkin komplain dan ga bisa ditanganin sama front-linernya.
5. BDP Internal Audit - Ini udah jelas banget ya, untuk audit internal BCA nya sendiri.

Setelah selesai isi form, kita akan dipanggil dan mulai di interview. Pertanyaannya juga ga macem-macem, seputar diri sendiri, keluarga, dan pengalaman-pengalaman aja. Tapi setelah itu kita ditanya juga ttg program BDP ini sendiri, kaya : kenapa pilih BDP? Kenapa mau masuk BCA? Udah setuju belum sama semua persyaratan BDP, termasuk bersedia ditempatin diseluruh Indonesia? Sama, ditanya-tanyain dan dijelasin ttg program yang dipilih.

Tips : Sama kaya interview sebelumnya, rileks dan terbuka. Utarain sejujurnya mengenai pendapat2 anda. Untuk kesiapan penempatan, yah tentu aja kita harus siap di tempatin dimana aja ya, tapi kemaren saya sendiri sempet ngutarain kalo saya takut ditempatin di daerah yang jauh-jauh, bukan takut sih, worry aja. tapi pernyataan itu saya tutup dengan, " Tapi bu, meskipun worry, ya saya yakin kalo BCA ga akan menempatkan saya di daerah2 rawan konflik, atau semacemnya. Dan ketika saya memilih untuk mendaftar BDP, saya udah siap kalau memang harus keluar Jakarta, bahkan keluar Jawa. Lagian bu, kita kan harus keluar dari zona nyaman kita, kan, kalau mau berkembang? " sambil nyengir dan berdo'a dalam hati kalau saya dapet penempatan di Jakarta, atau minimal di Pulau Jawa. hehehehhehe...

Setelah selesai, kita boleh pulang. Nanti akan dikasih tau, kalau kita lolos, kita akan di telepon lagi untuk Interview selanjutnya oleh User. Oia, kita akan di kasih tau juga, kalo kita dinyatakan tidak sesuai dengan kualifikasi BCA, maka kita akan di sms oleh Bank BCA yang menyatakan kalau kita ga bisa lanjut lagi ke tahap selanjutnya. Which means, selama kita belum terima sms, berati posisi kita masih lolos dan menunggu tahap selanjutnya.

Daaan.. disinilah saya, digantung untuk menuju tahap selanjutnya (semoga).

(I hope) To be continue.. Interview User, Medical Check-Up, dan Sign Offering Letter. (Amin)

28 November 2012
Note buat yang baca tulisan ini, terutama untuk yang lagi proses BDP BCA. Akrab2lah sama handphone kalian, kalo bisa kemana2 dibawa. Ceritanya sekitar 2 minggu setelah interview HRD, saya dapet telepon dari BCA tapi karena lagi di ojek, sama skali ga kedengeran. BCA misscall 2 kali. Akhirnya saya telpon balik ke bagian BDP nya, dan ternyata itu panggilan untuk interview user. Saya tanya gimana, tapi mereka suruh tunggu telpon aja. Dan.. sampe sekarang nih masih ga ada kabarnya. Nyesel banget deh huhu T.T Anw, good luck everyone!

23 comments:

  1. sukses mba..berguna bgt ni sharing pengalamannya..

    ReplyDelete
  2. @abimanyu aaww.. thx bi.

    @Mathew Tks, Mathew. Semoga bisa bantu yaa.

    ReplyDelete
  3. Hari ini saya ada panggilan tes BDP, mohon doa dan restunya. Makasih, wassalam....

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah, sy salah satu yg lolos ke tahap selanjutnya. Berkat blog nya saya sedikit terbantu. Mohon doanya lagi mba, biar lancar ampe akhir. Thx

    ReplyDelete
  5. thank mbak.. tgal 28 besok aju jg ikut untuk tes BDP. Thank membantu banget

    ReplyDelete
  6. @fandy yaay! selamat ya, fandy. sukses terus.
    @suprapto wah hari ini ya, semangat! semoga lancar dan jodoh sama BCA :)

    ReplyDelete
  7. Syarat administratif untuk melamar BDP BCA apa aja?

    ReplyDelete
  8. hai, thanks for sharing, aku juga lagi tahap nunggu telpon untuk dinamika kelompok, tapi belum ada telpon lagi, kamu udah di telpon lagi?

    ReplyDelete
  9. ass nisa mau nanya nih, apakah BDP BCA ini di kantor wilayah masing-masing BCA? proses rekrutnya dilaksanakan di wilayah masing-masing atau di pusat?

    ReplyDelete
  10. wah mantep nih pengalamannya....
    makasih banyak ya info2nya...
    soalnya saya juga ikut program BDP dan alhamdulillah sudah sampai tahap Dinamika Kelompok,dan interviewnya hari ini juga.
    >.<

    oh iy...follow blog saya ya
    http://dheeka-holic17.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. tulisan yang bermanfaat,,
    terima kasih ^^

    ReplyDelete
  12. sangat membantu :) saya juga lagi mulai daftar BDP..

    ReplyDelete
  13. mba kalo boleh tau tes psikotesnya berapa lama ya?

    ReplyDelete
  14. akhirnya ditempatin dimana mbaaag ? jauh dari domisili g atau masih di sekitarnya saja?

    ReplyDelete
  15. http://zigzagfreshgraduates.blogspot.com/2014/03/bdp-bca-jangan-dateng-telat.html

    jangan pernah abaikan interview psikolog..dan jangan telat..

    ReplyDelete
  16. Mba anisa saya sungguh sungguh pngen ikt bdp bca tapi kalau ipk sy dibawah syarat 3,00 kira kira lolos seleksi admimistrasi egk ya?

    ReplyDelete
  17. thanks for sharing.... Good luck y buat yg lagi berjuang.. termasuk saya sendiri sedang berjuang... heheheh

    ReplyDelete
  18. Maaf kak saya mau tanya... kalau untuk ODP apakah harus lulus terlebih dahulu.. atau bisa mnegajukan lamaran saat sedang skripsi asal tau kapan akan lulus? Karna saya pernah baca beberapa blog kalau ODp atau MDP dansejenisnya bisa diajukan saat sedang skripsi atau akan selesai. Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  19. maaf kak mau tanya pas interview dari awal sampai akhir itu Inggris ga?

    ReplyDelete
  20. Mbak, maaf mau tanya. Apa akhir nya BCA mau telfon lagi setelah disuruh tunggu telfonnya lagi?
    Aku baru aja kejadian karna gatau hp bunyi jd gak keangkat.
    Aku telfon balik gak ada yg angkat, mungkin sibuk

    ReplyDelete